Senin, 17 September 2012

PENANGANAN KECAMBAH (SEED HANDLING)



Kecambah yang siap salur sudah memiliki radikula dan plumula yang sudah berdiffrensiasi dan telah diseleksi dengan ketat oleh Pusat Seleksi Bangun Bandar sebelum disalurkan kepada konsumen. Kecambah yang disalurkan sudah dipersiapkan untuk masa perjalanan maksimum 5 hari sehingga pada saat diterima di pembibitan sudah siap untuk disemai.
v  Sebaiknya kecambah yang telah diterima dapat segera langsung disemai di pre nursery
v  Catat nomor peti, nomor segel  dan warnanya serta nomor katagori dalam satu kantong kemasan. Simpan data tersebut dan konfirmasikan kepada PT. Socfindo untuk mengetahui keasliannya.
v  Selama masa persemaian harus diingat bahwa kecambah tidak boleh mendapat penyinaran langsung dari matahari, pastikan bahwa penyemaian kecambah dilakukan di bawah naungan yang telah disediakan.
v  Hindari penanaman dalam kondisi cuaca yang panas dan terik matahari serta sebaiknya selesai sebelum pkl 10:00 siang.
v  Hancurkan segel pengaman, kemasan dan kotak peti setelah selesai melakukan  penanaman. Kemasan dan kotak peti yang tidak dihancurkan memungkinkan terjadinya pemalsuaan kecambah.
v  Kecambah yang berukuran kecil jangan dieliminasi (dibuang), karena memiliki kualitas yang sama dengan kecambah berukuran besar. Jadi sebaiknya dirawat dengan sebaik mungkin karena kecenderungan kecambah kelapa sawit  DxP Unggul Socfindo memiliki ukuran biji yang kecil sebagai improvisasi pemuliaan untuk memperoleh bahan tanaman yang memiliki produktivitas minyak (rendemen) yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar